Youth20 (Y20) adalah salah satu Engagement Group dari G20, dan merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20

PNNM

Hello HI-Peeps!👋
Youth20 (Y20) adalah salah satu Engagement Group dari G20, dan merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20. Dalam KTT Y20 Indonesia tahun 2022, Balikpapan menjadi tuan rumah Pra-KTT III Y20 dengan area bahasan “Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni” pada 21-22 Mei 2022. Hasil kegiatan ini ialah kesepakatan dan rekomendasi pemuda dalam mendukung konservasi sumber daya alam Indonesia yang akan disampaikan pada acara “Y-20 Summit 2022” di Jakarta dan Bandung. Para pemuda yang berkesempatan menjadi partisipan agenda resmi internasional ini mengikuti tahap seleksi dari seluruh wilayah Kalimantan dengan hasil 100 delegasi pemuda lokal dan 20 delegasi internasional.
Dalam pelaksanaannya, Y20 berada di bawah pengawasan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang difasilitasi oleh Indonesia Youth Diplomacy. Pra-KTT III Y20 Indonesia yang diadakan di kota Balikpapan oleh Indonesia Youth Diplomacy Local Chapter East Kalimantan, yang di mana salah satu pengurusnya merupakan mahasiswi dari program studi Hubungan Internasional UNMUL bernama Jeane Rahmawati Sari selaku Sekretaris.
Dalam susunan kegiatannya, Y20 melaksanakan Talk Show terkait dengan Circular Economy dan Safeguarding Natural Resources dengan mengundang moderator dan para pemateri yang ahli di bidangnya. Adapula kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Town Hall Meeting dimana para peserta atau yang disebut Town Hall Participant dibagi dalam 12 kelompok untuk berdialog serta merumuskan rekomendasi solusi dalam bidang planet yang berkelanjutan dan layak huni.
Para mahasiswi dari program studi Hubungan Internasional UNMUL yang berhasil lolos seleksi menjadi Town Hall Participant dalam kegiatan bergengsi ini adalah Adhe Delfhia Agatha, Dinda Puspitaningrum, dan Ulya Zahra Hanafi Putri.
Harapannya melalui ketiga delegasi tersebut ide dan inovasi pemuda dapat tersalurkan dan terdengar dengan baik. Terimakasih pula kami ucapkan kepada para mahasiswi di atas yang sudah mewakili program studi Hubungan Internasional UNMUL dalam kegiatan Y20 Indonesia 2022.
PNNM2
 

Mitra Kami

logo unmul2 logo ind2q logo venas3 logo aihii3